Articles in Category: Artikel

Strategi Penanganan Perkara atas Penilaian EIS Jumlah Rasio Penanganan Perkara pada SIPP

on Tuesday, 06 July 2021. Posted in Artikel

Strategi Penanganan Perkara atas Penilaian EIS Jumlah Rasio Penanganan Perkara pada SIPP

Oleh Dr. H. Suharjono, S.H., M.Hum.

 

Di rasio penanganan perkara itu terkait strategi  penyelesaian perkara, idealnya jika perkara bisa diputus tanpa ditunda pada bulan berikutnya dengan minutasi dan input ke SIPP tepat waktu 1x24 jam sudah diinput, maka rasio penanganan perkara bisa nilainya tinggi. Rumus sederhananya, perkara yang masuk dengan perkara yang diputus jangan sampai lebih banyak perkara yang masuk, mengingat setiap bulan pasti ada sisa perkara masih berjalan. Jadi pada jumlah rasio penanganan perkara adalah penilaian atas ketepatan penanganan perkara atau bicara tentang strategi penanganan perkara termasuk input data atas seluruh aktivitas penanganan perkara terhadap seluruh unsur2 obyek penilaian termasuk   kegiatan2 input data hingga input BHT dan uang perkara ke SIPP.

Memahami Urgensi Sistim Operasional Prosedur SOP Kaitannya dengan Peningkatan Kualitas Kinerja Manajemen Organisasi

on Tuesday, 06 July 2021. Posted in Artikel

Memahami Urgensi Sistim Operasional Prosedur SOP Kaitannya dengan Peningkatan Kualitas Kinerja Manajemen Organisasi

Oleh Dr. H. Suharjono, S.H., M.Hum.


Kinerja suatu organisasi atau lembaga memerlukan penatakelolaan yang baik, tersistim, terencana, terprogram, termonitor dan terevaluasi dan terkendali sedemikian rupa yang menjadikan kinerja organisasi melaksanakan ciri-ciri dan prinsip2 organisasi yang baik dan modern, yakni bersifat efektif dan efisien dari mulai perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan hingga pengawasan atau pengendaliannya.
Suatu organisasi didirikan pada hakikatnya tentu memiliki maksud dan tujuan tertentu. Dengan adanya maksud dan tujuan tersebut, tentu dalam pencapaiannya memerlukan suatu strategi tertentu yang diupayakan untuk dapat dilaksanakan guna mencapai maksud dan tujuan organisasi.
Suatu organisasi tentu terdiri atau berisi sekumpulan orang atau kelompok orang yang bekerjasama melaksanakan suatu tugas atau kegiatan guna mencapai tujuan organisasi. Dalam bekerjasama tersebut, orang2 dalam organisasi melaksanakan suatu kegiatan atau pekerjaan yang terwujud dalam bentuk kinerja.
Suatu kinerja memerlukan suatu sistim yang bersifat teratur dan terukur guna peningkatan kualitas kinerja. Kinerja sebagai pelaksanaan dari suatu pekerjaan, yang merupakan tugas yang dibebankan, atau sebagai pelaksanaan suatu fungsi dari organisasi atas beban tugas yang diberikan, baik dari segi kuantitas, kualitas maupun waktu, memerlukan suatu sistim atas pelaksanaan prosedur yang ditentukan berupa suatu SOP.
Sistim operasional prosedur SOP, sebagai suatu penuntun, pedoman, tolok ukur dalam bekerja, guna mewujudkan suatu kinerja, sebagai salah satu variabel penentu dalam pencapaian kualitas kinerja organisasi dalam mewujudkan tujuan organisasi, yang harus disusun dengan memperhatikan berbagai macam aspek untuk menjamin kemudahan dalam pelaksanaan kinerja.
SOP sebagai suatu sistim, harus bersifat terdiri dari sub sistim sub sistim yang berkaitan atau tergantung antar sub sistim, yang terukur dan teratur yang bekerja pada masing2 sub sistim, yang membentuk satu kesatuan sistim kerja secara bulat atau keseluruhan menjadi suatu sistim.
Dengan demikian mengingat SOP sebagai suatu sistim, maka penyusunannya harus bersifat integralistik, holistik, menyeluruh, sebagai suatu satu kesatuan dari berbagai aspek yang harus diperhatikan, baik dari aspek SDM, anggaran, material atau barang, waktu, fungsi, kepentingan, tujuan, prinsip2, ketentuan atau hukum, teknologi, transparansi, kemasyarakatan dan lain-lain, juga aspek internal dan eksternal organisasi, sebagai sub sistim sub sistim yang merupakan satu kesatuan sebagai suatu sistim.
Sesuai perkembangan IPTEK, penyusunan SOP harus bersifat e - office, dengan menggunakan dan memanfaat aplikasi2 teknologi informasi, sehingga SOP bersifat efektif dan efisien dari aspek waktu, biaya, SDM, sarana dan prasarana, transparan, tidak tergantung oleh jarak dan waktu, yang menjadikan SOP bersifat memudahkan.
Mengingat adanya berbagai aspek yang dapat mempengaruhi SOP, maka SOP harus bersifat mudah dimengerti oleh pihak organisasi itu sendiri yakni SDM pelaksana tugas dan pihak pengguna atau pelanggan atas pelayanan berdasarkan SOP, sebagai pihak internal dan eksternal organisasi. Aspek kemudahan dimengerti dan dilaksanakan, baik oleh petugas SDM kinerja dan pelanggan atau pengguna layanan dari organisasi atas SOP, sebagai perwujudan dari filosofi pragmatisme, dari sisi kemanfaatan pihak internal dan eksternal organisasi. Meskipun demikian aspek tersebut tetap bersifat memperhatikan kualitas kinerja berupa suatu mutu atau brand organisasi yang merupakan cita idealitas organisasi sebagai perwujudan filosofi idealisme organisasi.
Aspek pragmatisme dan idealisme dari SOP, sebagai variabel sistim yang saling mempengaruhi, keduanya penting untuk diperhatikan, dimengerti, disinergikan dalam pelaksanaannya guna mendekatkan atau memperpendek jarak antara aspek pragmatisme dan idealisme, agar tidak terjadi gap antara das sein dengan das sollen.
Dengan demikian mengingat SOP harus bermuatan aspek nilai pragmatisme dan idealisme, untuk menjaga kemudahan kinerja dan mutu atau kualitas kinerja maka SOP bersifat sebagai penuntun atau pedoman kinerja sekaligus sebagai fungsi dari sistim kinerja.
Dari aspek fungsi SOP, SOP harus bersifat mempermudah kinerja, pada setiap tahapan kinerja, namun tetap harus memperhatikan kemungkinan aspek risiko yang bisa terjadi dalam pendekatan manajemen risiko. Oleh karena itu, pemahaman, penyusunan dan pelaksanaan SOP harus bersifat tidak membelenggu dalam aspek penerapannya bagi petugas SDM, melainkan SOP harus bersifat mempermudah, memberikan ruang gerak yang wajar bagi SDM untuk bekerja dan berekspresi dengan memberikan ruang dari segi waktu, biaya dan tenaga berdasarkan analisis akuntabilitas kinerja yang baik, berdasarkan perimbangan yang wajar antara bobot pekerjaan, tenaga, sistim kerja, sarana dan prasarana, anggaran, tuntutan masyarakat atau pengguna layanan. Disini aspek harmoni SOP menjadi sesuatu hal yang bersifat urgen atau penting, baik dari sisi internal organisasi maupun eksternal organisasi, yakni bagi petugas dan pengguna layanan organisasi.
Selain hal-hal tersebut diatas, penyusunan SOP harus memperhatikan aspek kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman, sehingga SOP bersifat komprehensif dalam teori SWOT, yang dapat menjadikan SOP bersifat harmoni dan sesuai realitasnya. Dengan demikian SOP harus bersifat seimbang dan proporsional dari aspek kekuatan, kelemahan, peluang dan ancamannya. Maka SOP tidak boleh bersifat mementingkan salah satu aspek dari aspek2 tersebut atau bersifat parsial, yang dapat berakibat negatif dalam pencapaian kualitas kinerja bahkan kemungkinan dapat menimbulkan disharmoni dalam pencapaian kualitas kinerja.
Suatu SOP yang bersifat harmoni atas berbagai aspek yang mempengaruhi, akan menjadikan SOP memiliki nilai dan bersifat dapat mendorong, memotivasi, menciptakan, membentuk dan memudahkan kinerja dan kondusifitas, produktivitas, efisiensi dan efektivitas kinerja sebagai prasyarat terwujudnya out put kinerja yang berkualitas. Dengan demikian SOP yang harmoni dan bermutu, akan mewujudkan kinerja yang berkualitas, dalam standar quality control yang ditetapkan, yang dapat menghindari atau memperkecil risiko yang kemungkinan akan terjadi akibat dari adanya kelalaian, kealpaan,kesalahan, baik dari prosedur maupun proses yang telah ditetapkan, yang bisa menghindarkan kemungkinan terjadinya mall administrasi dan kesalahan menurut hukum, sehingga SOP bersifat urgensif dalam peningkatan kualitas kinerja manajemen organisasi sekaligus bersifat menghindari kemungkinan risiko negatif yang terjadi, yang bersifat merugikan bagi organisasi.


Tulisan sebagai hadiah ulang tahun ananda Qurani Dewi Kusumawardani, Kandidat Doktor, pada FH UGM dan FH UPH Jakarta,

Denpasar, tgl 28 Oktober 2020,

Hormat

Dr. H. Suharjono, S.H., M.Hum.

Standar Mutu Akreditasi TAPM Badilum Sebagai Ukuran Kualitas Organisasi Pengadilan

on Monday, 05 July 2021. Posted in Artikel

Standar Mutu Akreditasi TAPM Badilum Sebagai Ukuran Kualitas Organisasi Pengadilan
Oleh: Dr. H. Suharjono, S.H., M.Hum.

1. Mutu suatu organisasi dapat diukur dengan menggunakan standar tertentu.
2. Standar mutu akreditasi pada era teknologi informasi dapat dibuat dengan aplikasi checklist, yang berisi tabulasi, terdiri dari kolom, nomor area, penilaian, besaran nilai: A,B,C,D,E, kriteria, keterangan, nilai.
3. Standar checklist TAPM Badilum ada yang diperuntukkan bagi pengadilan negeri klas II, pengadilan negeri klas IB, pengadilan negeri klas IA, IA khusus, dan pengadilan tinggi.
4. Standar checklist akreditasi untuk pengadilan negeri klas IB, yang terakhir atau terbaru terdapat 231 ukuran penentuan, untuk top manajemen nomor 1 sd. nomor 72, hakim nomor 73 sd. 77, panmud hukum nomor 79 sd 95, panmud perdata nomor 96 sd 116, juru sita/juru sita pengganti nomor 117 sd 120, panmud pidana nomor 121 sd 141, panitera pengganti nomor 142 sd 151, kepegawaian,organisasi dan tata laksana nomor 152 sd 176, umum dan keuangan nomor 176 sd 218, perencanaan dan pelaporan nomor 219 sd 231.
5. Obyek-obyek penilaian diukur berdasarkan terpenuhinya unsur-unsur tertentu yang akan masuk pada penilaian yang sesuai, yang dapat berupa nilai A,B,C,D,E.
6. Aplikasi checklist akreditasi akan memberikan penilaian dengan otomatis, atas penilaian berdasarkan keterpenuhinya unsur-unsur penilaian pada masing-masing checklist akreditasi.
7. Keterpenuhan obyek-obyek penilaian dengan unsur-unsur tertentu pada masing-masing checklist akreditasi, akan menentukan nilai akreditasi yang diperoleh.
8. Nilai standar checklist akreditasi berisi, nomor: 1. Leadership nilai maksimum 140, nilai perolehan: .......
2. Customer focus nilai maksimum 150, nilai perolehan : .......
3. Process management nilai maksimum 150, nilai perolehan: .......
4. Strategic planning nilai maksimum 90, nilai perolehan : .......
5. Resourses management nilai maksimum 90, nilai perolehan : ........
6. Document system nilai maksimum 90, nilai perolehan: ........
7. Performance result nilai maksimum 90, nilai perolehan : ....
Nilai Pengamatan Asessor :
1. Kedisiplinan dan kerapihan( seragam dan atribut, kehadiran pegawai di tempat kerja, ruang kerja), nilai maksimum 200, nilai perolehan: ....
2. Keterbukaan( proses, biaya dll) nilai maksimum 200, nilai perolehan : .....
3. Produktivitas SDM ( ketepatan waktu dalam menyelesaikan tugas atau pekerjaan) nilai maksimum 100, nilai perolehan : .......
4. Kerjasama antar unsur atau koordinasi nilai maksimum 100, nilai perolehan: ......
5. Perilaku aparatur pengadilan ( sopan santun, etika ) nilai maksimum 200, nilai perolehan : ......
Total nilai maksimum standar checklist, pengadilan negeri klas IB untuk 7 area sebesar : 800.
Total Nilai pengamatan asessor: 800
Cara penilaian : nilai perolehan pada 7 area kali 70 % ditambah nilai perolehan pengamatan asessor kali 30 %, diperoleh nilai total akhir. Scoring : D disclaimer nilai 0 sd 299, C improvement commitment 300 sd 499, B performance management 500 sd 699 dan A business exellent nilai 700 sd 1000.
9. Nilai-nilai yang diperoleh berdasarkan penilaian standar checklist akreditasi akan menentukan nilai tertentu yang menjadi ukuran kualitas organisasi pengadilan yang dinilai.

hacklink hack forum hacklink film izle สล็อตbetbigoMp3JuiceMp3JuicesY2MateYouTube Mp3SnapTikSnapInstaSnapTikY2MateYouTube to Mp3Y2MateTubidyMp3JuiceTubdyMp3JuiceMp3 JuiceYouTube DownloaderDownload LaguTubidyTubidygrandpashaSnaptikNotubeKlinik Kecantikan Terdekatmatbetcasibomceltabetvaycasinomarsbahis girişkiralık hackermeritkingtipobettipobethttps://www.thesprucedgoose.com/paribahis girişjojobetPusulabetmeritkingjojobetholiganbetgrandpashabetgrandpashabetgrandpashagrandpashabetgrandpashabetcasibomhitbetTubidyjojobetdinamobetdinamobetmalayalam sex videoSnapTikmeritkingcasibomTubidycasibom girişjojobetgalabetmatbetcasibomjojobet girişMp3 Juicebetpuanjojobet girişjojobetorisbet giris resmimeritkingdizipaldeneme bonusu veren sitelerdeneme bonusu veren sitelermeritkingSanal Showvbetmarsbahiscasibomcasibombetciovaycasinobetsmovehttps://creditfree.us.com/casibom yeni giriscasibomcasibomportobetj-tou001สล็อต토토사이트jojobetcasibom girişdumanbettipobetmavibetcasibom yeni adresgonabet girismeritkingmeritking girişcasibomcasibom girişultrabetzbahisSanal showgates of olympusbetcio güncel girişbetcio üyelik adresimarsbahismarsbahis üyelik adresimarsbahis girişbetnanobetnanobahiscasinobahiscasinoultrabetultrabetgalabetcasibompashagamingwinxbetbetkolikfenomenbetfenomenbetjojobetMarsbahisjojobet girişcasibomonwinaresbet girişSekabetBetsatBetpuanDinamobetholiganbetholiganbetGrandpashabetCam showcasibomBullbahissweet bonanzameritking girişmeritkingmadridbetmadridbet giriştipobetmatadorbetсмотреть порноCasibomonwinonwintruvabetağaç fenericasibomcasibommatbetgrandpashabetbetebethttps://yeni.sonbahis-orjinal-adresi.com/https://yeni.sonbahis-orjinal-adresi.com/royalbetkingroyalpusulabetbonus veren sitelerbonus veren sitelerbetciojojobetjojobetmeritkingkingroyalmeritkingmeritkingmeritkingmeritkingkingroyalcasibomcasibomcasibomsahabetcasibommadridbetjojobetbetbigojustin tv