Hari

Minggu

,

Tanggal

17 Oktober 2021

,

Jam

SEJARAH PENGADILAN TINGGI MALUKU UTARA

Maluku Utara sebelum menjadi propinsi merupakan bagian dari Propinsi Maluku. Seiring dengan berjalannya waktu terjadi pemekaran wilayah Propinsi Maluku menjadi 2 (dua) propinsi, yakni Propinsi Maluku dengan ibukota Ambon dan Propinsi Maluku Utara dengan ibukota Sofifi.

Dengan terbentuknya Propinsi Maluku Utara pada 4 Oktober 1999 berdasarkan UU No.46 Tahun 1999 dan UU  No.6 Tahun 2003 dan  atas dasar UU No. 11 Tahun 2004 tentang Pembentukan Pengadilan Tinggi Maluku Utara, akhirnya diresmikan berdirinya Pengadilan Tinggi Maluku Utara pada 5 Maret 2005 yang berkedudukan di Ternate. Mengingat kondisi gedung yang tidak memadai, akhirnya dibangun gedung baru Pengadilan Tinggi Maluku Utara di Sofifi dan  terhitung 20 Desember 2018 Pengadilan Tinggi Maluku Utara berpindah kantor di Ibukota Propinsi Maluku Utara di Sofifi, dengan alamat  Jl. Bhayangkara, Kecamatan Oba Utara, Kota Tidore Kepulauan.  

Saat ini Pengadilan Tinggi Malukun Utara membawahi 6 (enam ) Pengadilan Negeri yakni   Pengadian Negeri Ternate Kelas IB,  Pengadilan Negeri Tobelo Kelas II, Pengadian Negeri Soasio Kelas II, Pengadilan Negeri Labuha Kelas II, Pengadilan Negeri Sanana Kelas II dan Pengadilan Negeri Bobong Kelas II. 

 


Copyright © 2017. Design By | Pengadilan Tinggi Maluku Utara